Laman

26 Agu 2012

Cara Mengobati Sakit Gigi Karena Berlubang

     Orang-orang tua dahulu beranggapan bahwa sakit gigi berlubang disebabkan karena ulat yang bersembunyi di dalam gigi yang berlubang tadi. Cara mengobati sakit gigi karena berlubang oleh orang-orang dahulu dengan menggunakan cendet (serangga sejenis kecoa) yang dipenyet kemudian dioleskan ke pipi si sakit. Dalam beberapa saat,
akan keluar semacam ulat-ulat berukuran kecil dari pori-pori pipi yang diolesi tadi. Secara ilmiah cara mengobati sakit gigi karena berlubang seperti ini tidak masuk akal dan menyesatkan, meski secara sugesti terkadang pasien merasakan sakitnya mereda.
      Dalam dunia kedokteran, sebenarnya secara ilmiah pada tahun 1700 an telah temukan penyebab rasa sakit pada gigi yang berlubang oleh seorang dokter gigi, Willoughby Miller yang mengatakan bahwa penyebab sakit gigi sebenarnya bukanlah ulat, tetapi karena adanya pertemuan antara bakteri dengan gula yang menyebabkan peradangan pada gigi. Bila seseorang mempunyai gigi yang berlubang, email gigi yang berlubang tersebut menjadi tempat masuknya bakteri ataupun partikel-partikel lain dalam gigi. Lubang yang tadinya kecil lama-lama kelamaan akan semakin besar dan semakin banyak bakteri yang tinggal di dalamnya. Nah, pada saat seseorang makan atau minum sesuatu yang mengandung gula, maka gula akan bertemu dengan bakteri yang tinggal di dalam gigi, dan pertemuan keduanya menimbulkan rasa sakit karena peradangan.
     Lalu bagaimanakah sebenarnya cara mengobati sakit gigi karena berlubang? Sebenarnya sebagian orang tua dulu juga sudah ada yang mempraktekkan dengan benar cara mengobati sakit gigi karena berlubang ini,  yaitu dengan menggigit cengkeh dengan gigi yang sakit itu selama beberapa saat. Praktek ini sekarang dikembangkan sehingga lebih mudah dan praktis. Berikut caranya:
Cara Pertama
  1. Ambillah segelas air hangat, larutkan di dalamnya sedikit garam
  2. Berkumurlah dengan air hangat tersebut
  3. Ambillah kapas, oleskan ke atasnya minyak cengkih
  4. Kompres gigi yang sakit dengan kapas yang telah diolesi minyak tersebut.

Cara Kedua
  1. Lakukan cara pertama sampai dengan nomor 2
  2. Ambillah daun jambu biji (Psidium guajava), cuci bersih lalu lumatkan.
  3. Taruh ramuan di gigi yang sakit.
     Minyak cengkih dan daun jambu biji sama-sama mengandung minyak atsiri yang berkhasiat antiradang dan penghilang rasa sakit. Tetapi, cara mengobati sakit karena berlubang seperti diatas hanyalah bersifat penanggulangan dini atau sementara. Untuk selanjutnya  perlu segera dibawa ke dokter untuk tindakan medis yang lebih tepat, karena kemungkinan lubang yang ada pada gigi mengenai saraf, dan perlu penambalan gigi berlubang.

1 komentar: