Laman

2 Sep 2012

Tips Mencari Jodoh dalam Islam

http://tombosayah.blogspot.com/2012/09/tips-mencari-jodoh-dalam-islam.htmlMenikah adalah dambaan setiap manusia normal. Menikah untuk membangun sebuah keluarga. Keluarga merupakan wadah bagi seorang laki-laki dan perempuan untuk saling berbagi dan berjuang menjalani kehidupan dalam rangka melahirkan generasi dan mencari kebahagiaan dunia akhirat. Awal dari terbentuknya
keluarga adalah melalui pernikahan. Sebuah pernikahan dapat terwujud melalui beberapa tahapan; mencari jodoh, meminang, akad nikah dan kalau perlu resepsi walimah. Lantas bagaimana  tips mencari jodoh dalam Islam? Islam memberikan tuntunan dalam hal mencari jodoh. Karena tujuan pernikahan seperti halnya disebut di atas, maka jodoh yang akan mendampingi kita juga harus mempunyai kemampuan yang dirasa cukup untuk mewujudkan harapan-harapan tersebut. Berikut ini tips mencari jodoh dalam Islam:

  1. Kenali kawan-kawanmu, apakah di antara mereka ada yang menarik perhatianmu? Kalau tidak ada, perluas lagi pergaulanmu. Buat data beberapa orang yang kira-kira sesuai dengan calon pasangan hidup menurut gambaranmu.
  2. Setelah ada beberapa calon menurut pandanganmu, mulailah kamu menilai, mana di antara orang-orang dalam tadi yang paling cocok dan sesuai dengan harapanmu. Perhatikan sifat, watak, karakter, dan aktivitasnya serta tanyakan kepada orang-orang yang mengenalnya.
  3. Jangan terburu-buru menentukan pilihan hanya karena kamu menyukainya sebelum kamu mengenalnya secara lebih dalam. Adakan pendekatan (tapi jangan terlalu vulgar) untuk menjaga harga diri.
  4. Berilah penilaian dengan kriteria berikut:
  • Ketaatan pada agamanya
  • Asal usul keluarganya (nasab)
  • Tanggung jawabnya pada diri sendiri, keluarga dan orang lain
  • Kemampuan ekonominya
  • Kualitas intelektual (kepandaian, kecerdasan, dan wawasan pengetahuannya)
  • Keadaan jasmaniahnya; kecantikan/ketampanan, kesehatan, kebersihan, kesempurnaan tubuhnya.
     Hal-hal tersebut merupakan pokok-pokok terpenting yang masih dapat dikembangkan untuk setiap masalahnya. Pengembangan pokok masalah tergantung sudut pandang anda dalam menilai calon pasangan ideal menurut anda. Yang tak kalah pentingnya, kualitas diri sendiri juga harus ditingkatkan. Logikanya, kalau kita kamu mencari pasangan yang baik, kamu juga harus baik. Kamu mengharap pasangan yang berkualitas, maka kamu juga harus berkualitas. Ingin mempunyai pasangan yang cantik, kamu juga harus tampil cantik. Jika hal ini tidak dilakukan, jangan menyalahkan orang lain jika nantinya bertepuk sebelah tangan.
Paling tidak tingkatkan kualitas diri kamu sama (setara) dengan calon pasanganmu, sehingga komunikasi yang terjalin akan seimbang.
      Itu semua adalah cara-cara lahiriyah dalam mencari jodoh. Sangat penting diperhatikan, jangan lupa untuk berdoa kepada Allah, memohon kepadaNya agar diberikan jodoh yang terbaik. Bila ada keraguan, lakukan shalat istikharah….
Berikut salah satu doa untuk mencari jodoh :

اللهم اشرح صدور اولاد ادم وبنات حواء
 وارزقنى الزوجة الصالحة التى تحبها وترضاها
 وارزقنى الزوج الصالح الذي تحبه وترضاه

 Yaa Allah lapangkan hatinya anak cucu adam dan Ibu Hawa,
dan berikanlah kami jodoh perempuan yang Engkau cintai dan Engkau Ridhoi, 
danberilah kami jodoh laki-laki yang Engkau Cintai dan Engkau Ridhoi

     Begitulah tuntunan dan tips mencari jodoh dalam Islam. Jodoh memang di tangan Tuhan, tetapi manusia mempunyai kewajiban untuk mencari dan memilih. Yakinlah bahwa Allah juga berhak untuk memberikanmu jodoh yang terbaik menurutNya dan terbaik menurutmu. Semua tergantung pada kesungguhandalam usahamu dalam mewujudkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar