Laman

9 Sep 2012

Kuliner | Bolu Kukus

tombosayah.blogspot.com
Bolu kukus adalah kue bolu (bhs Inggris: Cake) yang cara pembuatannya agak berbeda dengan kue bolu lainnya, yaitu dimatangkan dengan cara dikukus. Sedangkan pada umumnya kue bolu dimatangkan dengan dipanggang dalam oven.  Bolu kukus berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula dan telur.

Ada banyak jenis dan nama  bolu kukus, sesuai dengan bentuk, warna, bahan tambahannya dan lain-lain. Di antaranya adalah : bolu kukus mekar, bolu kukus pelangi, bolu kukus kola, bolu kukus gula merah, bolu kukus capucino, bolu kukus ubi ungu dll. Ada juga bolu kukus tepung beras.

Bolu kukus telah menjadi makanan sampingan yang banyak diminati. Bisa dijadikan makanan penutup, suguhan tamu, atau untuk kawan minum kopi dan lain-lain.

Bolu kukus juga sudah menjadi komoditi dagang yang lumayan. Banyak sekali industri rumah tangga yang menjadikan bolu kukus sebagai usaha rumah tangga dan memberikan penghasilan yang lumayan. Mulai usaha kecil-kecilan dalam sekup warung-warung, pasar-pasar tradisional ataupun yang usaha menengah dengan pangsa pasar supermarket, toko oleh-oleh dan sebagainya.

Ingin mencoba membuat bolu kukus?... silakan baca artikel-artikel tentang resep/membuat pembuatan bolu kukus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar