Laman

3 Sep 2012

Diabetes Melitus : Gejala dan Pencegahannya

     Diabetes melitus adalah penyakit yang disebabkan oleh kelebihan gula dalam darah yang tidak terkontrol. Di Indonesia sering disebut dengan penyakit kencing manis atau penyakit gula.

Gejala diabetes mellitus
     Diabetes melitus  terjadi karena adanya kelainan metabolik yang ditimbulkan
oleh berbagai bermacam faktor, dengan gejala berupa peningkatan glukosa darah kronis serta gangguan proses dalam tubuh dalam mentranformasi karbohidrat, lemak dan protein. Hal tersebut bisa terjadi disebakan oleh;
  1. Berkurangnya kemampuan tubuh dalam menghasilkan hormon insulin (hormon yg berfungsi mengendalikan kadar gula dalam darah) dan atau berkurangnya aktivitas insulin,
  2. Tubuh kekurangan transporter glukosa,
  3. Atau kedua-duanya sekaligus
Atau dengan kata lain, Kadar gula dalam tubuh yang cukup tinggi dengan disertai gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein karena kekurangan atau kerusakan fungsi insulin.
     Diabetes mellitus juga memicu timbulnya penyakit lain di antaranya: Alzheimer, ataxia-telangiectasia, sindrom Down, penyakit Huntington, kelainan mitokondria,distrofi miotonis, penyakit Parkinson, sindrom Prader-Willi, sindrom Werner, sindrom Wolfram, leukoaraiosis, demensia,  hipotiroidisme, hipertiroidisme, hipogonadisme, dan lain-lain .(Wikipedia)
Pencegahan diabetes melitus   
     Salah satu penyebab timbulnya penyakit diabetes mellitus adalah pola makan yang salah. Kebanyakan orang menyukai rasa manis, yang dihasilkan oleh gula. Konsumsi gula yang tinggi menyebabkan kelebihan gula dalam darah. Hal ini menyebabkan metabolisme dalam tubuh menjadi tidak seimbang, yang berakibat pada berkurangnya kadar dan aktifitas insulin dalam mengendalikan kadar gula dalam darah, yang berujung dengan timbulnya diabetes melitus. Kurang olahraga atau aktivitas teratur juga menjadi sebab lain penyakit diabetes melitus. Olahraga atau aktivitas yang teratur berguna untuk menyalurkan energi yang dihasilkan oleh sumber-sumber makanan. Energi yang terkumpul dalam tubuh, jika tidak disalurkan justru akan merusak tubuh itu sendiri.
      Pencegahan terhadap diabetes militus yaitu dengan mendisiplinkan diri dengan pola makan yang benar dan sehat serta olahraga teratur. Dengan berolah raga, akan menghasilkan keringat yang keluar melalui pori-pori dengan membawa toxin-toxin dan kotoran dari dalam tubuh. Dengan diet sehat dan olahraga teratur  akan menyeimbangkan keluar masuknya energi dalam tubuh. Jika keseimbangan ini terjaga, metabolisme dalam tubuh ikut terjaga. Metabolisme seimbang, kesehatan terjaga.

Mari, hindarkan diri kita dari diabetes militus,....
Mens sana in Corpore Sano
العقل السليم فى الجسم السليم


*Diolah dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar